Dinas Pertanian Pidie Jaya Serahkan Ribuan Kartu Tani

oleh -69 views

Pidie Jaya – Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Pidie Jaya membagikan Ribuan lembar kartu tani dalam bentuk ATM kepada para petani, Selasa, (12/1/2021).

Kepala Dinas Pertanian dan pangan Kabupaten Pidie Jaya drh. Muzakkir melalui Kasi Penyedian Pupuk dan pestisida Rajuddin, S.ST mengatakan kartu tani dalam bentuk ATM kerja sama dengan Bank BNI pusat yang di bagikan kepada petani Pidie Jaya sejumlah 3.939 dari keseluruhan jumlah 17.719 lembar yang diusulkan guna mengontrol pemanfaatan pupuk bersubsidi.

“Untuk tahap awal kita baru menerima 3.339 lembar kartu tani dari Bank BNI Cabang Sigli, dengan cara sudah dipisahkan per Kecamatan yang terdiri dari Kecamatan Bandar Baru 754 lembar, Bandar Dua 797 lembar, Jangka Buya 236, Meurah Dua 315, Meureudu 693, Panteraja 96, Trienggadeng 660 dan Kecamatan Ulim 388 lembar Kartu tani” Rajuddin merincikan.

Lebih lanjut Rajuddin menjelaskan petani yang mendapatkan kartu tani itu merupakan hasil dari input data NIK lengkap dengan nama ibu kandung para petani, sehingga tidak ada manipulasi data yang terekam dalam aplikasi e-RDKK.

Kartu tani tersebut sebelum digunakan terlebih dahulu dilakukan penyetoran uang sejumlah harga pupuk yang akan di beli, berikutnya bisa digesek pada kios tani yang telah ditentukan oleh BNI.

Kartu tani ini juga bisa di katakan sebagai  alat untuk mempermudah memantau perkembangan kebutuhan pupuk bersubsidi dalam pemakaian oleh petani.

Ditambahkannya, e-RDKK ini akan memudahkan merangkum penerima pupuk bersubsidi baik tahun berjalan maupun tahun sebelumnya dalam bentuk database penerima pupuk.

“Ini baru tahap awal, nanti akan ada pembagian lanjutan untuk seluruh petani yang telah melakukan input data kepada penyeluh pertanian di setiap kecamatan,” pungkas Rajuddin seraya menyampaikan bahwa prosesi pembagian kartu tani dimaksud berlangsung di Aula Distanpang setempat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *