Mataaaceh.com > Nagan raya > Kepemilikan Tanah Yang Telah Dikeluarkan dari HGU PT.Usaha Semesta Jaya Perkebunan Nagan Raya
Nagan raya

Kepemilikan Tanah Yang Telah Dikeluarkan dari HGU PT.Usaha Semesta Jaya Perkebunan Nagan Raya

Nagan Raya | Mataaceh.com – Dugaan PT.Usaha Semesta Jaya Perkebunan Nigan masih menguasai lahan perkebunan seluas lebih kurang 1.400 Hektar lahan perkebunan yang telah dikeluarkannya dari hak izin Guna Usaha ( HGU ) Berdasarkan surat Bupati Nagan Raya Drs H.T.Zulkarnaini di Suka Makmur pada bulan April 2017.


Drs H .T Zulkarnaini , Membatalkan SHM Sertifikat Hak Milik di tanah yang lebih kurang 150 Hektar yang Telah Dikeluarkan sertifikat hak milik Pribadi untuk Karyawan perusahaan yang dimaksud, saat saat ini masih dikuasai pihak perusahaan. Dengan nomor Surat 591 / 65 / 2017, Tembusan seluruh Instansi pemerintah terkait di pemerintahan Republik Indonesia


Diduga PT Usaha Semesta Jaya Perkebunan salah satu Cabang dari PT Fajar Bayzuri & Brother di Kabupaten Nagan Raya, Menurut Keterangan warga kepada Awak Media yang tidak Mau disebut Namanya , tetapi siap membuktikan bahwa areal tersebut “masih dikuasai perusahaan tersebut, untuk mengelabuhi warga / masyarakat berbagai cara dilakukan diduga ada ikut oknum oknum untuk keperluan perusahaan sehingga apa yang sebenarnya dilakukan perusahaan tersebut,” sebut sumber.


Sesuai dengan Amanah UUD 1945 dan peraturan perundang-undangan HGU seharusnya tidak menutup menutupi.
Dimohon kepada pihak Aparat Penegak Hukum ( APH ) menindak lanjuti Permasalahan Izin Hak Guna Usaha ( HGU ) Perusahaan tersebut.


Dugaan di Nagan Raya Perusahaan Berkuasa sehingga tidak menghiraukan peraturan dan Undang Undang HGU sebagaimana mestinya, PT Fajar Bayzuri perusahaan perkebunan sawit menyerobot lahan Garapan masyarakat di Kecamatan Kuala Pesisir Kabupaten Nagan Raya yang sampai saat ini belum diselesaikan yang sudah bertahun tahun dikuasai pihak perusahaan tersebut.


Sesuai dengan Undang – Undang ( UU ) Nomor 39 Tahun 2014 Tentang Perkebunan Mewajibkan setiap perusahaan perkebunan memfasilitasi pembangunan kebun masyarakat, sesuai dengan yang diatur dalam pasal 58 , Pasal 59 dan Pasal 60. pembangunan kebun sawit masyarakat sebagai mana dimaksud.


Hadirnya perusahaan bukanya untuk saling kerja sama tetapi Penyerobotan tanah Ulayat dan lahan garapan Masyarakat yang terjadi di Kabupaten Nagan.

TAGS Nagan raya

BERITA TERBARU

TERPOPULER

Send this to a friend