Ratusan Warga Desa Cot Jrat Bireuen Antusias Ikuti Pengobatan Gratis KKM Almuslim 2023

Oleh

Oleh

Mataaceh.com – Birueun| Rangkaian kegiatan Kuliah Kerja Mahasiswa (KKM) Universitas Almuslim Peusangan Bireuen hampir selesai, Bakti Sosial dan Pengobatan gratis bagi Warga Desa Cot Jrat, Kecamatan Kota Juang, Bireuen.

Mengusung tema “Bersinergi Membangun Masyarakat Sehat, Menuju Masyarakat Berkemajuan” program ini di laksanakan di posko mahasiswa KKM yang berlokasi di Meunasah Desa Cot Jrat. Kegiatan ini juga di hadiri langsung oleh Ketua DPRK Bireuen, Camat Kota Juang, Kepala Puskesmas Kota Juang, Pengurus Yayasan Almuslim Peusangan, Wakil Rektor III, dan Stakeholder terkait lainnya.

Sayed Chairul Raziq Koordinator Umum Mahasiswa KKM Universitas Almuslim Angkatan XXIII di didampingi Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), Zulkifli M Kom, Senin (04/09/2023) mengatakan, bakti sosial yang dilaksanakan adalah merupakan implementasi dari program pembangunan kesehatan hal ini sesuai dengan UU nomor 17 tahun 2017 tentang Rencana Pembangunan Nasional (RPJPN) tahun 2005-2025 dan Peraturan Presiden nomor 18 tahun 2020 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah tahun 2020-2024.

“Melihat dari aturan yang berlaku, kita sebagai warga negara Indonesia juga bertanggung jawab secara bersama atas rencana program pembangunan kesehatan ini, bukan hanya pemerintah saja. Masyarakat Desa Cot Jrat dan sekitar sangat antusias mengikuti kegiatan pengobatan gratis ini, ada ratusan orang yang dilayani dalam kegiatan ini, sebelum melaksanakan pengecekan dan pengobatan secara gratis ini kita juga melakukan penyuluhan dengan menghadirkan tiga narasumber terkait di bidangnya masing-masing”.

Tujuan dilakukan penyuluhan di awal sebagai upaya bentuk percepatan penyelesaian masalah dimana Desa Cot Jrat salah satu desa yang masuk dalam kategori Desa Locus Stunting atau lokasi khusus untuk penanganan kasus stunting.

Dalam sambutannya Ketua DPRK Bireuen Rusyidi Mukhtar SSos mengatakan program seperti memang terlihat kecil, namun dampak yang dirasakan untuk waktu jangan panjang sangatlah besar.

“Kami juga akan mengupayakan program pengadaan pembangunan wc bagi masyarakat Desa Cot Jrat nantinya serta upaya-upaya lainnya seperti penyaluran air bersih dan lainnya sebagai bentuk dukungan pemerintah terhadap kesehatan masyarakat Bireuen sekalipun pada desa terpencil yang jauh dari lokasi Kota Bireuen”.

Ketua Panitia Hafidhal Hidayah menambahkan bahwa dengan adanya program Bakti Sosial seperti di harapkan bisa bermanfaat khususnya bagi masyarakat Desa Cot Jrat dan sekitar. Beribu ucapan terimakasih kepada seluruh mitra kerja terutama kepada Pemerintah Kabupaten Bireuen, Puskesmas Kota Juang, IDI Cabang Bireuen, DPD PPNI Bireuen, Universitas Muhammadiyah Mahakarya Aceh, dan Tim ASAR HUMANITY Provinsi Aceh. Demikian.

AlmuslimKKM 2023Pengobatan Gratis

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI

ARTIKEL TERPOPULER
1
2
3
4
5
Opini Text