Mahasiswa KKM Universitas Almuslim Angkatan XXIII Tanam Pohon dan Bantu Merawat Wisata Agropolitan Desa Cot Jrat Bantu Sukseskan Proklim KLHK

Oleh

Oleh

Mahasiswa, Mataaceh.com | Mahasiswa Universitas Almuslim (Umuslim) Peusangan, Bireuen dari berbagai program studi yang tergabung dalam program Kuliah Kerja Mahasiswa (KKM) Angkatan XXIII yang tak hanya berfokus pada pengabdian kepada masyarakat saja, tetapi juga memberikan perhatian khusus pada lingkungan.

Kegiatan KKM berlangsung sejak tanggal 24 s.d 06 September 2023 ini telah menyelesaikan banyak program pengabdian. Mereka baru-baru ini melakukan kegiatan penanaman pohon dan bantu merawat lokasi wisata Agropolitan sebagai upaya untuk menjaga keberlanjutan lingkungan serta persiapan untuk verifikasi Kampung Iklim oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

Kegiatan ini adalah bagian dari upaya mahasiswa KKM untuk berkontribusi dalam menjaga keberlanjutan lingkungan dan memberikan manfaat jangka panjang bagi masyarakat. Di ikuti 40 mahasiswa dari berbagai program studi yang bergabung dalam kegiatan penanaman pohon yang berlangsung di Meunasah, dan Kantor Keuchik Desa Cot Jrat, Kecamatan Kota Juang, Kabupaten Bireuen.

Sayed Chairul Raziq selaku Koordinator Umum Mahasiswa KKM Universitas Almuslim Angkatan XXIII di didampingi Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), Zulkifli M Kom mengatakan pohon-pohon yang ditanam oleh mahasiswa bervariasi, termasuk jenis-jenis pohon lokal yang cocok untuk iklim Desa Cot Jrat itu sendiri. Mereka telah menerima pembekalan tentang teknik penanaman yang benar dan perawatan pohon agar pertumbuhannya optimal.

“Kegiatan penanaman pohon ini adalah bagian dari komitmen kami untuk melestarikan lingkungan. Melalui KKM, kami ingin memberikan dampak positif pada masyarakat sekaligus berkontribusi dalam menghadapi perubahan iklim. Para mahasiswa tidak hanya melakukan penanaman pohon, tetapi juga melakukan beberapa kegiatan lainnya seperti membuat pagar untuk tanaman toga di sekitar halaman kantor Keuchik, menanam beberapa jenis bunga, membersihkan saluran drainase, membantu kegiatan pada tempat wisata Agropolitan dengan serangkaian kegiatan perawatan dan pemberian sekam pada tanaman Gulma dan tanaman lainnya yang terdapat di sekitar tempat wisata tersebut, hal ini dilakukan juga karena Desa Cot Jrat sendiri satu-satu nya desa dari Kabupaten Bireuen yang mewakili wilayah pantai timur Aceh untuk mengikuti lomba Program Kampung Iklim (Proklim) oleh Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), nanti tim akan turun untuk memverifikasi ke Gampong Cot Jrat”, Ucap Sayed.

M Agil Herdian Ketua Pelaksana kegiatan menambahkan bahwa di Provinsi Aceh terdapat lima Kabupaten yang masuk nominasi tingkat nasional untuk mengikuti lomba Program Kampung Iklim (Proklim) ini diantaranya Kabupaten Aceh Barat Daya, Kabupaten Gayo Lues, Kabupaten Bener Meriah, Kabupaten Aceh Tengah, dan Kabupaten Bireuen. Dengan adanya kegiatan ini mereka berharap dapat memicu kesadaran lebih luas tentang isu-isu lingkungan dan mendorong tindakan positif dalam menjaga alam sekitar, dan masyarakat juga sadar terhadap potensi sumber daya alam yang di miliki oleh Desa Cot Jrat itu sendiri.

“Dengan semangat positif dan tekad untuk membuat perubahan, kami para mahasiswa KKM Universitas Almuslim Angkatan XXIII ini membuktikan bahwa generasi muda memiliki peran penting dalam menjaga alam dan menghadapi tantangan lingkungan yang semakin mendesak. Serta bisa menjadi peluang pekerjaan di masa yang akan datang jika wisata Agropolitan di Desa Cot Jrat ini sudah matang nantinya sampai ke tahap lebih lanjut”, tambah Agil selalu ketua pelaksana kegiatan.

AlmuslimKKM 2023

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI

ARTIKEL TERPOPULER
1
2
3
4
5
Opini Text