Rabu, 28 September 2022

Kunjungan Presiden ke Kota Jambi di Sambut Oleh Pria Dengan Membentang “Kain Kafan”

Oleh redaksi

Mataaceh.com – Seorang pria di Kota Jambi menyambut Presiden Jokowi dengan membentang kain kafan, aneh nya pria tersebut berdiri di antaran kerumunan yang melihat kedatangan melakukan kunjungan disana pada hari Kamis, 7 April 2022. Kemaren, Jokowi dari trotoar jalan dengan berteriak “Pak Jokowi, minyak goreng turunkan,” kata pria yang mengaku bernama Muhammad Usman. dari Komite Eksekutif Koalisi Aksi Menyelamatkan Indonesia (KAMI) Provinsi Jambi ini.

Aksi Usman yang terekam dalam video viral di dunia maya yang berdurasi video 56 detik dalam video tersebut menunjukan Usman dicegat oleh beberapa prajurit TNI ke belakang barisan warga hingga demikian di akhir hayat usman tampak sudah dilepaskan.

Aksi ini dilakukan Usman di sekitar Gedung Bank Danamon saat Jokowi melintas di Jalan Gatot Subroto, Kota Jambi. Saat dihubungi, Usman membenarkan bahwa pria yang ada di video adalah dirinya. Seperti yang dilansir Kompas.co

Dalam keterangan yang disebar ke wartawan, Usman menyebut sebagian besar anggota KAMI Jambi adalah emak-emak yang merasa sangat terdampak oleh kenaikan harga minyak goreng. Dia mengaku sempat melakukan aksi di dekat Pasar Angso Duo yang dikunjungi Jokowi pagi tadi. Akan tetapi aksinya gagal karena dia dilarang mendekat. 

Setelah gagal di Pasar Angso Duo, Usman kemudian menggelar aksi tunggal di lokasi sekitar Jalan Gatot Subroto itu.

“Saya langsung mengibarkan kain putih yang telah kami siapkan. Belum lama dibentang, kain langsung direbut anggota TNI,” kata dia.

Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono telah menerima informasi dari Polda setempat kalau ada mahasiswa yang menggelar unjuk rasa.

Ya wajar saya memberikan aspirasi dan sudah difasilitasi keamanan wilayah,” kata dia kepada wartawan.

Akan tetapi khusus untuk pria yang membentangkan kain kafan, Ia mengaku tak sempat melihatnya. Heru hanya menanggapi bahwa soal minyak goreng, pemerintah sudah mengambil langkah-langkah melalui menteri terkait dan Polri.

“Di sisi lain juga sudah ada BLT (Bantuan Langsung Tunai) minyak goreng kan ke PKL (Pedagang Kaki Lima) dan keluarga PKH (Program Keluarga Harapan),” dia dia.

Jokowi juga datang ke Jambi untuk membagikan BLT minyak goreng sebesar Rp 300 ribu untuk para pedangan di Pasar Angso Duo. Dia menyatakan pembagian BLT tersebut harus sudah selesai sebelum hari raya Idul Fitri 1443 H pada awal bulan depan.

Leave a Comment