Bagaimana Kisah Syahidnya Cut Gambang anak dari Cut Nyak Dhien dan Teuku Umar

Oleh

Oleh

Sekilas bisa dibaca dalam buku Atjeh yang ditulis oleh HC Zentgraaff, redaktur surat kabar Java Bode yang terbit di Batavia pada masa kekuasaan Kolonial Belanda.

SEJARAH – Zentgraaf yang juga mantan serdadu Belanda itu menggambarkan, bagaimana perempuan Aceh mengambil perannya dalam peperangan. Salah satunya adalah Cut Gambang istri dari Teungku Mayet Di Tiro, putra dari Teungku Chik Di Tiro.

Peristiwa itu terjadi pada tahun 1909, saat itu panglima perang Belanda, Schmidt menemukan jejak gerilyawan Teungku Mayet Di Tiro di sekitar pegunungan Tangse. Schmidt dengan pasukan marsosenya berhasil melakukan pengepungan. Perang frontal terjadi dari jarak dekat. Teungku Mayet Di Tiro selamat, tapi istrinya yakni Cut Gambang terkena tembakan.

Dalam keadaan kritis, ia berteriak meminta suaminya untuk menyelamatkan diri. Sementara ia tersungkur bersimbah darah. Tidak merintih, apa lagi menyerah. Zentgraff menulis peristiwa itu dalam bukunya seperti kutipan di bawah ini.

“Dia mengenakan pakaian celana Aceh warna hitam dan baju hitam, perawakannya tegap, berusia sekitar 30 tahun. Dalam keadaan gawat dan berbahaya seperti itupun ia masih mempertahankan penolakannya yang angkuh. Walaupun sakit yang ditanggungnya, ia tidak merintih.

Schmidt datang mendekatinya dengan membawa air minum, dan bertanya kepadanya dalam bahasa Aceh yang sopan, apakah ia mau diperban? Dia memalingkan muka dari Schmidt sambil mendesis bek kamat kèe kaphe budok – Jangan sentuh saya kafir kurap. Dia memilih mati dari pada hidup di tangan kafir. Perempuan itu adalah Cut Gambang, putri dari Teuku Umar dan Cut Nyak Dhien,” tulis HC Zentgraff.

Begitulah kematian Cut Gambang, putri dari Cut Nyak Dhien dan Teuku Umar, istri dari Teungku Mayed Di Tiro anak dari Tgk Chik Muhamad saman Di Tiro.

Ditulis oleh: Iskandar Norman.

Foto ilustrasi Cut Nyak Dhien dan putrinya Cut Gambang dalam film Tjut Njak Dhien yang dibintangi Christine Hakim [foto: Google]

Sejarah Aceh

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI

ARTIKEL TERPOPULER
1
2
3
4
5
Opini Text