Pelayanan RSUDZA Banda Aceh Buruk, BEM FH Unimal Minta Pj Gubernur Tindak Tegas

Oleh

Oleh

Mataaceh.com, Lhokseumawe | Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Hukum (FH) Universitas Malikussaleh Aceh Aris Munandar meminta Pj Gubernur Aceh Achmad Marzuki agar menindak tegas Rumah Sakit Umum Zainoel Abidin (RSUZA) Banda Aceh, Minggu (17/07/2022)

Ketua Umum BEM FH Unimal, Aris Munandar mengatakan pelayanan RSUZA Banda Aceh diduga buruk telah menelantarkan salah satu pasien, hingga malah berimbas kepada hal yang sangat fatal sampai pasien tersebut meninggal dunia.

“ini bukan hal sepele yang harus di selesaikan oleh Pj Gubernur Aceh. Tapi ini mengenai dugaan pelayanan buruk RSUDZA, seharusnya pihak RS melakukan Pelayanan kesehatan yang diberikan sesuai dengan dimensi ketanggapan, rasa empati dan respek petugas dalam memenuhi kebutuhan yang dirasakannya, diberikan dengan cara yang sopan santun, ramah dan tepat waktu pada saat dibutuhkannya serta dapat menyembuhkan penyakit yang sedang dideritanya.” Ungkapnya

Lanjut Aris,  Ini Atensi besar terhadap pelayanan dokter dan perawat yang menjaga pasien selama menjalani pengobatan di Rawat Inap RSUDZA, seharusnya pelayanan DI RS harus dijalankan secara peraturan perundang-undangan. Bahkan didalam Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 47 Tahun 2021 Tentang Penyelenggaraan Bidang Perumahsakitan Pasal 27 ayat (1a) Setiap Rumah Sakit mempunyai kewajiban berupa memberikan informasi yang benar tentang pelayanan Rumah Sakit kepada masyarakat. Dan bahkan ayat (1b) Memberikan pelayanan kesehatan yang aman, bermutu, antidiskriminasi, dan efektif dengan mengutamakan kepentingan pasien sesuai dengan standar pelayanan Rumah Sakit.

“Apalagi sistem pelayanan kesehatan harus menjadi salah satu struktur multidisipliner yang bertujuan untuk mencapai derajat kesehatan optimal. Perbaikan serta peningkatan pelayanan yang dilakukan manajemen Rumah Sakit Umum Daerah Zainal Abidin (RSUD ZA), mendapat tanggapan negatif dari masyarakat dan mahasiswa. Maka dari itu pemerintah harus mengevaluasi kinerja dan pelayanan di Rs tersebut.” ujarnya

Kami berharap kepada Pj Gubernur Aceh agar dapat menyelesaikan permasalah tersebut, apabila hal tersebut tidak terselesaikan berarti beliau telah gagal memimpin aceh. Ini menjadi hal fundamental yang harus di selesaikan, karna ini menyangkut keselamatan nyawa masyarakat Aceh.

rsudza

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI

ARTIKEL TERPOPULER
1
2
3
4
5
Opini Text