Mataaaceh.com > Aceh > Estafet Baby Boomer ke Millenial: Selamat atas Terpilihnya Razjis Fadli dan Abni Amin Sebagai Geuchik.
Aceh

Estafet Baby Boomer ke Millenial: Selamat atas Terpilihnya Razjis Fadli dan Abni Amin Sebagai Geuchik.

Mataaceh.con,Opini| Eksekutif (pemimpin) muda menjadi impian semua orang. Baik di Perusahaan, Pemerintahan maupun Ormas.

Pun demikian, nasib adalah faktor penentu. Dalam arti kata, tidak semua orang bernasib menjadi Eksekutif muda, meski memiliki kemapanan intelektualitas di atas rata-rata dan harta orang tua.

Generasi Baby Boomer adalah generasi yang lahir antara tahun 1946-1964 atau berusia 57-75 tahun pada 2021.

Sedangkan generasi Millenial (Y) lahir di atas 1980an. Dua generasi ini memiliki karakteristik berbeda karena lahir dan besar di jaman berbeda.

Baby boomer yang lahir pasca perang dunia kedua berkarakter mandiri, tertutup (hierarkhis) dan disiplin. Millenial yang lahir di era WWW (internet) berkarakter terbuka (kolaboratif), percaya diri, dan inovatif.

Transisi estafet ini, diterima atau tidak, ia tetap akan terjadi secara alamiah. Dan perubahan-perubahan pun akan tetap berlaku sesuai perkembangan jaman.

Persoalannya, ibarat tinju, ketika bibit baru bermunculan, apakah oleh generasi baby boomer telah menyiapkan ‘ring tinju’ yang sesuai buat generasi millenial?

Belum tentu. Bahkan, kesadaran atas fenomena ini pun belum tentu dipahami utuh oleh sesama generasi millenial. Tidak sedikit generasi millenial yang terdidik doktrin tertentu ala baby boomer. Misal, kurangnya rasa percaya diri. Tertanam dalam bawah sadarnya doktrin orang tuanya tentang ‘orang dalam’ dan ‘uang’.

Bahkan oleh generasi millenial yang seperti ini juga memandang skeptis (ragu) atas rasa percaya diri generasi millenial lainnya.

Pun demikian, optimisme dan rasa percaya diri terus bermunculan di Aceh Utara, seperti Razjis Fadli yang baru saja terpilih sebagai Geuchik di Gp. Teupin Keubeu Kec. Lhoksukon dan Abni Amin sbg Geuchik Gp. Pucok Alue Seuleumak Kec. Paya Bakong. Saya melihat ini sebagai peralihan estafet perjuangan di Aceh Utara.

Tugas generasi baby boomer adalah menyiapkan keadaan untuk menyambut era eksekutif muda millenial yang terus bermunculan ini. Sedangkan Millenial, Razjis dan Abni, saya cuma berpesan, tetap optimis dan percaya diri.

“Adak hana manok agam laen, beungoh tetap jadeh; tanpa kokok pejantan lain pun pagi tetap jadi.”

Terus berjuang karena hari esok adalah milik kita!

Penulis : Andi Saputra, S.Hi (Kepala KUA Kecamatan Paya Bakong-Aceh Utara)

TAGS Aceh

BERITA TERBARU

TERPOPULER

Send this to a friend