Siap-siap! 9 Titik Traffic Light di Dalam Kota Banda Aceh Sedang Dibangun ATCS, Berikut Titik-titiknya

Oleh

Oleh

BANDA ACEH – Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Banda Aceh menerima bantuan pembangunan Area Traffic Control System (ATCS) 2021 dari Balai Pengelola Transportasi Darat Wilayah I Provinsi Aceh (BPTD I Aceh).

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Dinas Perhubungan Kota Banda Aceh Drs. Muzakkir Tulot, M.Si, pada kunjungan Komisi III DPRK Banda Aceh dalam rangka memantau kesiapan CC Room Dishub Kota Banda Aceh untuk pekerjaan ATCS, Jumat (18/06/2021).

Kata Muzakkir, pembangunan ATCS tersebut bersumber dari APBN Kementerian Perhubungan melalui BPTD Wilayah I Aceh yang nantinya ATCS tersebut dihibahkan kepada Pemerintah Kota Banda Aceh melalui Dishub kota.

Pada sistem ATCS ini juga dilengkapi Video Image Detection (VID) untuk mendeteksi objek yang sudah dilakukan pembelajaran atau training pada algoritma yang sudah dibangun, tambah Muzakkir.

Hikmat Hidayat, ST, MM, PPK Pekerjaan Angkutan Jalan Balai Pengelola Transportasi Darat Wilayah I Provinsi Aceh mengatakan untuk pekerjaan ATCS tersebut direncanakan selesai pada September 2021.

“Pengerjaan ATCS ini merupakan kelanjutan yang dimulai awal tahun 2019, sempat vakum satu tahun, dan tahun ini pekerjaan ATCS ini dilanjutkan kembali,” katanya.

Hikmat menjelaskan pada tahun 2019, yang dilakukan pengerjaan ATCS yaitu di Simpang Jambo Tape dan Simpang PDAM.

“Kemudian tahun ini meneruskan dari CC Room Dishub kota yaitu di Simpang Lima, Simpang Kodim, Simpang Jam, Simpang Seulawah, Simpang Dodik, Simpang PU, Simpang Keutapang, Simpang Keuangan dan Simpang AMD, kita hubungkan dengan CC Room yang akan dibangun juga di kantor balai” jelas Hikmat.

Berdasarkan Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat sembilan simpang pengerjaan ATCS tersebut merupakan ruas jalan nasional perkotaan.

Hikmat berharap, dengan adanya pembangunan ini Dishub Kota Banda Aceh agar dapat memanfaatkan sebaik-baiknya dan berkomitmen dalam menyelenggarakan anggaran pemeliharaan untuk ATCS tersebut.

Laporan: M. Raja

Banda Aceh

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI

ARTIKEL TERPOPULER
1
2
3
4
5
Opini Text