Tradisi Kenduri Blang Warga Gampong Leupe Pirak Timu Sembelih Seekor Sapi

Oleh

Oleh

Aceh Utara | MASYARAKAT Aceh memiliki kekayaan adat budaya yang menjadi kearifan lokal. Kenduri Blang (Kenduri Turun Sawah) merupakan salah satunya. tradisi masyarakat Aceh sebelum musim tanam kembali.

Kenduri Blang merupakan kearifan lokal masyarakat Aceh yang masih dipertahankankan sampai saat ini.
Semua warga yang mempunyai sawah dan hendak menanam padi, terlebih dahulu berpartisipasi untuk menyukseskan Kenduri Blang yang dilaksanakan pemerintah desa.

Salah satu desa yang masih melestarikan adat dan budaya Kenduri Blang adalah Desa (Gampong) Leupe, Kecamatan Pirak Timu, Kabupaten Aceh Utara.

Pada Sabtu 22 Mei 2021, Geuchik Gampong Leupe Zainal Abidin mengatakan pelaksanakan Kenduri Blang ini di laksanakan setiap tahun dan di ikuti oleh Warga yang mempunyai sawah beramai-ramai datang ke tempat pelaksanaan Kenduri Blang, baik laki-laki maupun perempuan dan anak-anak. Pelaksanaan Kenduri Blang di Gampong Leupe dilaksanakan di halaman Meunasah, desa setempat.

Warga begitu antusias datang pada siang hari dengan membawa piring masing-masing, persiapan tempat menaruh nasi untuk makan bersama warga lainnya. Sedangkan sabahagian warga yang laki-laki dan pemuda menyiapkan menu utama pada acara Kenduri Blang yang telah dilaksanakan secara turun temurun.setiap tahunnya dengan cara menyembelih satu ekor sapi sebagai menu utama yang sudah barjalan dari tahun ke tahun.

Pada pelaksanaan Kenduri Blang, warga melaksanakan Doa bersama, dimana warga memohon kepada Allah SWT agar mendapat kemudahan saat bertani. Setelah selesai Doa bersama, Daging sapi kuah beulangoeng yang telah matang dimasak warga pun diamabil oleh panitia untuk dihidangkan kepada warga yang hadir pada Kenduri Blang. Tradisi itu pun ditutup dengan acara makan bersama.

“Acara Kenduri Blang juga sebagai penanda, bahwa aktivitas traksaksi sewa menyewa tanah sawah tidak boleh dilakukan lagi”

Tujuan Kenduri Blang sendiri sebagai ajang silaturahmi bagi warga dan ungkapan rasa syukur warga kepada sang pencipta, Allah SWT yang telah memberi rezki bagi hamba Nya. Kegiatan kenduri Blang di Laksanakan dengan mengikuti Protokol kesehatan.

Laporan: M. RAJA

Kanduri Blang

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI

ARTIKEL TERPOPULER
1
2
3
4
5
Opini Text