LASKAR Minta Mendagri Tunjuk Pj Bupati Nagan Raya dengan Tiga Kriteria Berikut

Oleh

Oleh

Banda Aceh – Lembaga Advokasi Sosial Kemasyarakatan Aceh Raya (LASKAR) meminta kepada Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian untuk teliti dalam menunjuk sosok Penjabat (Pj) Bupati Nagan Raya.

“Menjelang berakhirnya masa kepemimpinan Bupati Nagan Raya, M. Jamin Idham, kita meminta kepada Bapak Mendagri agar memilih sosok calon yang tepat untuk memimpin masyarakat Nagan Raya,” kata Ketua Harian LASKAR, Mhd. Mukhlis, Kamis 8 September 2022.

Dalam rilis yang diterima media ini, LASKAR menyarankan Mendagri memperhatikan tiga kriteria sosok Pj Bupati Nagan Raya, agar dapat mendukung pembangunan yang baik dan tegaknya hukum, khususnya dalam upaya mencegah terjadinya tindak pidana korupsi di Kabupaten Nagan Raya.

“Pertama, kita minta sosok Pj Bupati Nagan Raya itu bukan orang yang ada dalam bayang-bayang penguasa Nagan Raya saat ini. Hal ini penting untuk mencegah terjadinya intervensi ataupun kepentingan tertentu yang dapat mengganggu Pj Bupati menjalankan peraturan dan kebijakannya,” ungkapnya.

Kedua, kata Mukhlis, sosok Pj yang diharapkan ditunjuk sebagai orang nomor satu Kabupaten Nagan Raya adalah orang yang tidak pernah terlibat dalam masalah hukum, terutama yang tidak pernah terseret dalam kasus dugaan korupsi.

“Kita harap bukan orang yang pernah diperiksa oleh aparat penegak hukum terkait dugaan tindak pidana korupsi, kolusi dan nepotisme, terkhusus orang yang pernah diperiksa oleh KPK terkait dugaan kasus suap PLTU Nagan Raya,” ucapnya.

Ketiga, lanjut Mukhlis, sosok Pj Bupati Nagan Raya yang ditunjuk nantinya, harus sosok yang visioner, bisa berkomunikasi baik dengan semua unsur masyarakat yang punya kepentingan untuk kemajuan daerah.

“Dan yang tak kalah pentingnya, sosok Pj Bupati Nagan Raya ini harus yang mampu mempersiapkan proses maupun tahapan Pemilu dan Pilkada 2024 mendatang secara independen tanpa adanya kepentingan tertentu,” demikian tutup Ketua Harian LASKAR. (*)

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI

ARTIKEL TERPOPULER
1
2
3
4
5
Opini Text