Rabu, 7 Desember 2022

Pj Bupati Serahkan Piagam Penghargaan Kepada Pirak Tour dan Geuchik Mesjid Pirak

Oleh redaksi

Lhoksukon | Mataaceh.com – Penjabat Bupati Aceh Utara menyerahkan Penghargaan kepada Penggiat Wisata Budaya dan UMKM yang dilakukan di Situs Cagar Budaya Nasional Cut Meutia di Gampong Mesjid Pirak, Kecamatan Matangkuli yang digelar sabtu dan minggu (27-28) Agustus 2022 lalu, penyerahan Piagam penghargaan dilakukan saat Apel gabungan ASN di lapangan upacara Landing, Kecamatan Lhoksukon, Senin (3/10/2022).

Penyerahan dilakukan Langsung Pj. Bupati kepada Pokdarwis Pirak Tour, Zulkifli, ST, Panitia Pelaksana, Zulfahmi, M.Pem.I dan kepada geuchik Gampong Mesjid Pirak, Ibrahim Ali.

Pj Bupati Aceh Utara, Azwardi, AP. M.SI mengapresiasi kepada seluruh yang menerima penghargaan dan menitipkan pesan selalu untuk Inovasi dan berkreasi dan pertahankan apa yang sudah didapat.

HTML5 Icon

secara terpisah, Azwardi mengatakan menurutnya, sektor Pariwisata akan mampu mewujudkan Pertanian, industri kecil, perdagangan, transportasi, kuliner dan penyerapan tenaga kerja serta beberapa bidang lainya.

ia menjelaskan event wisata yang bernilai jual tinggi dan diminati oleh pariwisata. melalui pelaksanaan event diharapkan akan memicu aktifnya sanggar-sanggar kesenian, klub olahraga,UMKM, meningkatkan kunjungan wisata ke aceh utara dan akhirnya terjadi peningkatan kesejahteraan masyarakat,”terang Azwardi.

selain itu Pj Bupati menyerahkan Penghargaan kepada Agam Inong Aceh Utara, atas Prestasi dalam ajang pemilihan Duta Wisata Provinsi Aceh tahun 2022, Syahrul Raziqin kategori Wakil III Agam Aceh 2022 dan Best Tradisional Kostum dan Cut Dinda Salsabila atas Prestasi kategori Top 10 Besar Inong Aceh 2022 dan Top inong Berbakat.

Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan pariwisata (Disporapar) Aceh Utara, Saifuddin, SSTP MSP mengapresiasi kepada Pokdarwis Pirak Tour yang telah memajukan pariwisata aceh utara dalam bentuk menyelenggarakan event wisata budaya dan umkm di situs cagar budaya rumah pahlawan nasional Cut Meutia. Event-event pariwisata ini tentu dapat  membangkitkan ekonomi masyarakat kabupaten aceh utara

“dengan adanya event ini akan dapat kembali mengenalkan kekayaan adat dan budaya untuk selanjutnya diwariskan ke anak cucu generasi penerus nantinya, tidak itu saja dengan adanya event ini berbagai potensi akan dapat dinikmati oleh seluruh masyarakat dan pengunjung”.

“kegiatan event wisata budaya dan UMKM dapat kita manfaatkan menjadi pengungkit bangkitnya aktivitas perekonomian Aceh Utara, serta dukungan masyarakat lingkungan dan Aceh Utara umumnya telah menunjukan peran penting masyarakat dalam membawa perubahan dan membantu mewujudkan pariwisata yang tangguh, inklusif dan berkelanjutan” ucapnya.

ketua Pokdarwis Pirak Tour, Zulkifli, ST mengucapkan terimakasih kepada Bapak Pejabat Bupati Aceh Utara atas penghargaan yang diberikan dalam event wisata budaya dan umkm.

“Penghargaan ini saya persembahkan untuk masyarakat aceh utara dan terkhusus masyarakat Gampong Mesjid Pirak yang telah membantu hingga acara ini sukses.

lanjutnya, dan hari ini pak geuchik juga menerima penghargan yang sama, ini merupakan wujud kepedulian Gampong dalam membangun pariwisata di masa sulit yang melanda negeri tercinta ini yakni covid-19 yang berkepanjangan. (*)

Leave a Comment