Home Archives

KPw BI Lhokseumawe Edukasi Cinta Bangga Paham Rupiah kepada Guru

SHARE |

Lhokseumawe – Mataaceh.com | Kantor Perwakilan Bank Indonesia Lhokseumawe bersama Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Kota Lhokseumawe menyelenggarakan Training of Trainers (ToT) Cinta Bangga Paham (CBP) Rupiah kepada guru SMA/SMK.



Kegiatan Training of Trainers (ToT) Cinta Bangga Paham (CBP) Rupiah yang diikuti oleh 68 guru dan kepala sekolah dari 28 sekolah Tingkat SMA/SMK tersebut berlangsung di Ruang Serbaguna Kantor Perwakilan Bank Indonesia Lhokseumawe, Rabu, 17 Juli 2024.



Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari pengesahan Modul Ajar CBP Rupiah jenjang Pendidikan SMA/SMK/MA oleh Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Aceh, Dinas Pendidikan Provinsi Aceh dan Kanwil Kemenag Provinsi Aceh.



Plh Kepala Perwakilan Bank Indonesia Lhokseumawe, Rio Wardhanu dalam sambutannya mengharapkan ToT tersebut dapat memberikan pemahaman yang lebih mendalam kepada para guru tentang Cinta Bangga Paham Rupiah.



“Dengan pelatihan ini diharapkan para guru dapat mengajarkan dan menyebarluaskan pemahaman CBP Rupiah sejak dini di lingkungan sekolah melalui edukasi formal,”kata Rio Wardhanu saat membuka acara.



Rio menuturkan bahwa Cinta Rupiah dapat terlihat dari pemahaman tentang rupiah agar kita dapat mengenali ciri keaslian uang Rupiah dan meningkatkan kesadaran untuk merawat uang Rupiah.

“Bangga Rupiah terlihat dari pengetahuan terkait Rupiah yang merupakan salah satu simbol kedaulatan bangsa dan merupakan satu-satunya alat pembayaran yang sah di Negara Kesatuan Republik Indonesia,”katanya.



Sedangkan dalam dimensi Paham Rupiah, penting bagi masyarakat untuk dapat mengelola keuangan dengan baik dengan berbelanja sesuai kebutuhan, memiliki budaya menabung, berinvestasi dan penggunaan produk-produk dalam negeri.



Kepala Cabang Dinas Pendidikan Aceh Wilayah Kota Lhokseumawe, Supriariadi, S.Pd., M.Pd mengapresiasi dan menyambut baik kegiatan tersebut karena diketahui bahwa Rupiah merupakan mata uang negara dan bukan hanya sebagai alat transaksi tapi juga sebagai symbol kedaulatan dan identitas Negara Kesatuan Republik Indonesia.



“Saya berharap ke depan kolaborasi ini akan terus terjalin dan Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Kota Lhokseumawe akan selalu siap mendukung program-program yang dilakukan oleh Kantor Perwakilan Bank Indonesia Lhokseumawe,”ungkap Supriariadi.



Para peserta terlihat sangat antusias dalam mengikuti kegiatan ToT CBP Rupiah yang terlihat dari partisipasi aktif dan respon serta feedback dari para peserta sepanjang pelaksanaan kegiatan, baik pada sesi pemaparan, maupun pada sesi tanya jawab.

Share :

SHARE |

Leave a Comment

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI UNTUKMU