Empat Pilar Kebangsaan, Anggota DPR RI Bang Muslim: Satu Kesatuan kekuatan bagi kemajuan pembangunan negara dan bangsa

Oleh

Oleh

Kemerdekaan Indonesia yang telah diperjuangkan selama puluhan tahun akhirnya terwujud pada 17 Agustus 1945 dimana pemuda-pemuda dari berbagai agama, daerah, suku dan bahasa menyatakan bersatu untuk sebuah kemerdekaan bangsa.

Ditengah kesibukan konsolidasi partai dan sebagai anggota DPR RI Bang Muslim, sapaan akrabnya masih tetap melakukan sosialiasi 4 Pilar di Dapil Aceh II tepatnya kali ini di Kota Lhokseumawe, (01 Maret 2023).

Indonesia dan Pancasila satu-kesatuan peradaban yang tidak bertentangan bahkan berbenturan dimana dalam sejarah perjalanan perjuangan membebaskan dari penjajah didasari oleh bersatunya rakyat dari berbagai agama, suku, bahasa dan daerah. Itulah yang mendasari sosialisasi 4 Pilar Kehidupan Berbangsa dan Bernegara kali ini mengulas tentang Indonesia dan Pancasila yang menjadi entitas modal sosial membangun negara dan daerah.

Dalam sesi pertama, Bang Muslim, mengutarakan pentingnya kembali memperbincangkan secara terus-menerus tentang Indonesia dan Pancasila untuk sebuah penegasan persatuan dan keadilan yang masih belum menemukan kekuatan bagi kemajuan pembangunan negara dan bangsa.

Dengan kerangka bergerak dan berpikir tentu Indonesia dan Pancasila memberikan kepastian masa depan yang diinginkan sebagai sebuah tujuan dari bernegara dan bermasyarakat, tambah Bang Muslim.

Adam, mahasiswa memberikan tanggapan apa yang diutarakan Bang Muslim dan pemateri yang lain terkait Indonesia dan Pancasila seperti bangunan kokoh namun terporak-poranda oleh tafsir kekuasaan yang terus terjadi ini terlihat bagaimana keberpihakan terhadap rakyat kecil masih jauh mulai kebijakan tentang hak tanah, buruh, nelayan dan ekonomi kerakyatan.

Selain itu ketertinggalan daerah yang diterjemahkan dengan program nasional yang berbenturan dengan kearifan lokal bahkan jauh dari sebuah kebutuhan yang diinginkan atau yg dimiliki daerah sebagai pendorong pembangunan ekonomi yang berkesinambungan bagi daerah, tegas Adam.

Bagi Indonesia bahwa Pancasila sebuah modal sosial yang cukup progresif dalam membaca perubahan jaman yang harus ditempatkan bagi terjadinya kemajuan Indonesia dengan potensi beragam yang dimiliki Indonesia baik budaya, SDA, SDM dan agama, ungkap Bang Muslim menanggapi berbagai ulasan maupun pertanyaan dari peserta.

Tak terasa Sosialisasi 4 Pilar ini cukup meriah dan sangat antusias diikuti para peserta mulai pemuda, pemudi, masyarakat bahkan kader partai Demokrat.

Bang Muslim, dalam rangkai menutup kegiatan ini memberikan sebuah umpan balik bagi generasi muda sebagai penerus bangsa dan mendorong kemajuan pembangunan daerah. Bagaimana menjadi Indonesia itu Pancasila dan Pancasila itu Indonesia?.

DPC Demokrat Acehempat pilar kebangsaankesatuanPancasila

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI

ARTIKEL TERPOPULER
1
2
3
4
5
Opini Text