Mataaaceh.com > Aceh > Muslim A Gani: Tangkap Sutradara Dibalik Pembakaran Mobil Ketua YARA Langsa
Aceh

Muslim A Gani: Tangkap Sutradara Dibalik Pembakaran Mobil Ketua YARA Langsa

Mataaceh.com |Langsa – Direktur Eksekutif Aceh Legal Consul (ALC), Muslim A Gani SH, meminta aparat kepolisian dari jajaran Polres Langsa agar segera meringkus sutradara dibalik kasus pembakaran mobil Ketua YARA Langsa, yang terjadi Senin tlg 20.9.2021 waktu lalu.

“Dibalik pelaku pembakaran mobil Ketua Yara Langsa, kami menduga kuat ada peran sutradara yang telah merencanakan kejahatan tersebut.

Jadi, sebenarnya tidak begitu sulit bagi polisi untuk mengungkap kasus ini, apalagi jika sudah ada petunjuk awal”, ujar Muslim A Gani, kepada Wartawan di Langsa Minggu (3/10/2021) siang.

Menurutnya, bentuk-bentuk teror seperti itu merupakan gaya lama yang digunakan kelompok tertentu untuk membungkam profesi Pengacara. Bukan saja terhadap Ketua Yara, tapi semua praktisi/aktivis yang ada di Kota Langsa juga merasa terintimidasi efek dari tindakan kriminal pembakaran mobil Ketua Yara Langsa tersebut, ujar Muslim.

“Ini kan bentuk intimidasi gaya lama yang tidak relevan lagi dimainkan di Kota Langsa ini. Warga Langsa sudah sangat cerdas dalam menerima dan memfilter setiap informasi yang berkembang”, katanya.

Dikatakan Muslim A Gani, kebiasaan primitif yang dilakukan kelompok tertentu di Kota Langsa dengan tujuan untuk membungkam kritikan terhadap kinerja pejabat Pemko Langsa, harus segera dihentikan. Apalagi, intimidasi gaya lama yang sengaja dilakukan guna menakut-nakuti elemen masyarakat yang berupaya mengungkap kasus-kasus korupsi di Kota Langsa, adalah tindakan keliru.

“Kami berharap kedepan tidak ada lagi tangan-tangan kotor yang melakukan kejahatan serupa terulang lagi di Langsa. Dan polisi harus mengusut kasus tersebut secara komprehensif dan menyeluruh, tindakan tidak terpuji kepada semua pihak.

Tidak terbatas kepada pelaku saja, tapi yang paling penting menangkap sutradaranya, sekaligus membuka ke publik agar kehidupan masyarakat Kota Langsa yang kondusif benar-benar merasa nyaman, ujar Muslim.

Kita hidup tidak boleh dibatasi dengan teror, karena negara kita negara hukum. Siapapun yang merasa dirugikan secara hukum, silahkan melaporkan pada polisi tidak boleh main hakim sendiri”, tegas Muslim A Gani.

Pada kesempatan itu, Muslim A Gani juga mengingatkan kepada orang-orang yang berada dibalik kasus pembakaran mobil Ketua YARA Langsa, supaya berhenti berbuat tindakan bodoh.

Karena, tidak ada kejahatan yang abadi, suatu waktu pasti terungkap dan harus dipertanggungjawabkan dihadapan hukum, demikian Muslim A Gani.

Sebagaimana diketahui, aksi teror dialami oleh insan pers atas nama H.A Muthalib Ibrahim yang juga menjabat sebagai Ketua YARA Langsa pada Senin 20 September 2021 sekitar pukul 04.20 Wib.

Mobil Harier milik korban dengan nomor polisi BK 88 WZ, dibakar orang tidak dikenal menjelang shalat subuh.
Mobil yang sedang berada di garasi rumahnya itu, diperkirakan dibakar oleh dua orang tak dikenal.

Habis membakar keduanya melarikan diri.

“Insya Allah dalam CCTV pelaku pembakar itu terlihat. Sekarang polisi sedang menanganinya,” ungkap Ketua Yara Kota Langsa, H Muthallib Ibrahim, pagi tadi.

Dikatakan, pembakaran tersebut diketahuinya ketika ia bangun shalat malam.

Saat itu tercium bau tak sedap, seperti ada karet yang terbakar. Lalu,
A Muthallib keluar membuka pintu rumahnya. Begitu kaget ketika melihat mobil kesayangannya dalam kondisi terbakar.

“Saya langsung minta tolong, sehingga hanya bagian belakang yang parah,” jelas Taleb yang juga Pemimpin Redaksi Redakdi Media Realitas.

Ketika ditanya terkait motif apa hingga terjadinya peristiwa itu, Taleb mengaku selama ini dirinya secara pribadi tidak ada masalah dengan siapa pun. Namun ia menambahkan bahwa akhir-akhir ini memang banyak kasus yang sedang ditanganinya selaku Ketua Yara. “Kasusnya kini sudah ditangani polisi.
Titik terang.

Sebelum peristiwa pembakaran mobil milik didatangi oleh seseorang, 3 hari sebelum peristiwa, menanyakan apakah ini rumah H Thallib Pengacara YARA Langsa, pertanyaan itu kepada ponaan nya yang sedang menutup pintu pagar, sekitar jam 21. 00 Wib, setelah pertanyaan itu seselai oknum tersebut lalu pergi menggunakan sepeda motor Honda Beat, warna putih, sambil sajan dia menyebutkan namanya depi, ujar H Thallib.
Seminggu kemudian terlacak nama dan foto itu diketahui, dan sudah kita sampaikan kepada pihak resmob Polres Langsa, mudah2an dengan petunjuk yang wajah nya terekam CCTV bisa tertangkap kelompok yang menba melakukan pembakaran mobil mililnya.

Kota doakan saja kejahatan sekecil apapun akan terungkap dan semoga cepat tertangkap, karena kita tidak mengetahui apa motif pembakaran mobil milik Ketua YARA Langsa.

.(**)

TAGS Aceh

BERITA TERBARU

TERPOPULER

Send this to a friend