Mataaaceh.com > Aceh > Rencana P.T LMR Untuk Kegiatan Penambangan Emas di Abong, Aceh Tengah
Aceh

Rencana P.T LMR Untuk Kegiatan Penambangan Emas di Abong, Aceh Tengah

Takengon,mataaceh.com, Saat ini PT Linge Mineral Resources (LMR) sedang melakukan kajian AMDAL, untuk rencana kegiatan penambangan emas di Abong, Desa Lumut, Kec. Linge, Aceh Tengah, untuk mendapatkan Persetujuan Lingkungan dari Kementerian LHK. Setelah itu perusahaan juga diwajibkan menyusun Dokumen Rencana Reklamasi untuk lokasi seluas sekitar 200 Ha yg akan ditambang, demikian disampaikan Achmad Zulkarnain Kuasa Direktur PT LMR yang juga Head of HSE PT BRM saat diskusi bersama Insan Pers dan LSM GRB (10/3) di Hotel Grand Renggali,Takengon.

Kemudian untuk selanjutnya, kata Achmad Zulkarnain, sebelum masuk ke tahap Operasi Produksi, PT LMR harus juga melalui serangkaian pemenuhan kewajiban penyusunan dokumen perizinan lainnya, misalnya menyusun Dokumen Rencana Pasca Tambang, serta Rencana Induk Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat, yang akan diserahkan kepada pihak Kementerian ESDM.

Setelah mendapatkan Peningkatan Tahap Operasi Produksi, lanjut Zulkarnain, PT LMR harus melakukan pengurusan untuk mendapatkan Persetujuan Penggunaan Kawasan Hutan dari Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, setelah itu melakukan pembebasan lahan, kemudian barulah dilaksanakan pengerjaan kontruksi dan menjalankan operasi penambangan dangan produk akhir berupa Dore Bulion.”

Terkait situs peradaban Gayo, Reje Linge yang berada di kawasan Kecamatan Linge yang masuk di area konsesi PT LMR seluas 36.420 Ha tersebut, Zulkarnain memastikan tidak akan menambang di sekitar situs tersebut, karena itu masuk kawasan yang dilindungi. ” Undang-undang tidak memperbolehkan kegiatan tambang dilakukan di dalam Kawasan Lindung”, jelas Zulkarnain.

Abrar Syarif LSM GRB dalam kesempatan diskusi tersebut, mempertanyakan apakah ada ‘ ruang ‘ untuk pegiat lingkungan hidup diikut-sertakan dalam proses pembuatan Amdal?. Zulkarnain menanggapi hal tersebut dengan positif. ” Silahkan, kita diskusi dengan keilmuan mengenai lingkungan. Semakin banyak yang ikut mengawasi rencana kegiatan tambang emas ini, kami merasa makin senang “, ujar Zulkarnain.( syd)

TAGS Aceh

BERITA TERBARU

TERPOPULER

Send this to a friend