Menyambut Bulan Suci Ramadan, (TPID) Kota Lhokseumawe Lakukan Sidak Pasar

Oleh

Oleh

Lhokseumawe|Mataaceh.com – Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kota Lhokseumawe melakukan monitoring harga dalam rangka menyambut bulan suci Ramadan 1443 H.

Kegiatan monitoring ini dipimpin oleh Wakil Walikota Lhokseumawe, Yusuf Muhammad, diikuti KPw BI Lhokseumawe, Gunawan. Kepala Cabang Bulog Lhokseumawe, Mufti. Serta segenap jajaran anggota TPID Kota Lhokseumawe. Jumat. (25/03/22)

Rangkaian kegiatan ini merupakan salah satu tindak lanjut dari hasil High Level Meeting TPID Kota Lhokseumawe yang terlaksana pada, (8/22) yang lalu.

Dalam rangka memastikan kestabilan harga dan tersedianya pasokan komoditas pangan strategis, dilakukan sidak pasar ke Pasar Inpres dan Pasar Batuphat Lhokseumawe.

Pada kegiatan sidak pasar tersebut, ditemukan bahwa beberapa komoditas seperti cabai, telur, daging ayam, dan bawang mengalami kenaikan harga dibandingkan bulan sebelumnya.

Namun hal tersebut merupakan pola musiman yang terjadi setiap menjelang bulan Ramadhan. TPID menghimbau masyarakat untuk secara rutin mengecek perkembangan harga sembako. Perkembangan harga tersebut dapat dilihat melalui situs Hargapangan.id. Dari sidak di kedua pasar tersebut, masyarakat tidak ada yang mengeluhkan persediaan komoditas pangan meski harga cenderung mengalami kenaikan seiring dengan siklus tahunan.

Dengan dilakukannya kegiatan-kegiatan seperti ini, TPID berharap dapat mencegah terjadinya kenaikan harga pangan di pasaran terutama pada saat menjelang ramadan dan hari besar keagamaan lainnya.

Dari ketersediaan uang, Bank Indonesia telah mempersiapkan pasokan uang tunai senilai Rp 175,3 triliun untuk mengantisipasi kebutuhan uang tunai secara nasional selama bulan Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri Tahun 2022.

BI LhokseumaweNasional

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI

ARTIKEL TERPOPULER
1
2
3
4
5
Opini Text