Mataaaceh.com > Aceh > Mengenang Tragedi Simpang KKA ke-23 Tahun Janji Manis Presiden Jokowi Masih Gelap
Aceh

Mengenang Tragedi Simpang KKA ke-23 Tahun Janji Manis Presiden Jokowi Masih Gelap

Aceh Utara – Sejumlah Korban Tragedi Simpang KKA dan Penggiat Sosial, mendatangi Tugu Tragedi Simpang KKA, di Desa Paloh Lada, Kecamatan Dewantara, guna mengenang 23 Tahun Tragedi Simpang KKA. Peringatan Tragedi Sp.KKA tahun ini bertepatan dengan hari raya Aidil Fitri 1443 H Selasa, 3 Mei 2022 atau hari raya kedua.

Kejadian itu masih menyisakan trauma berat bagi korban dan keluarga korban. Aksi mengenang peristiwa berdarah itu dilaksanakan secara sederhana mengingat dalam suasana menyambut hari raya Aidil Fitri dan tidak menghadirkan massa yang banyak sebagai mana tahun-tahun sebelumnya. Kegiatan mengenang 23 Tahun Tragedi Sp KKA menyajikan beberapa rangkaian acara antara lain :

– Ziarah Kubur Syuhada

korban Tragedi Sp.KKA

– Aksi diam di Tugu

Simpang KKA

– Do’a bersama pukul : 20.00 Wib di pusatkan di Balai Majelis Ta’lim Dusun Simpang KKA, Paloh Lada ( depan tugu )

Peringatan 23 Tahun Tragedi Sp.KKA, 3 Mei 2022 tahun ini dilaksanakan oleh :

Forum Komunikasi Korban dan Keluarga Korban Tragedi Simpang KKA ( FK3T-SP.KKA ), dan di dukung oleh Persatuan Pemuda Simpang KKA dan Lembagak ElMansur Peduli

Koordinator FK3T-SP.KKA, Murtala kepada media ini, mengatakan, mengenang peristiwa ini teramat penting untuk melawan lupa sekaligus menggambarkan sikap Pemerintah yang terus ingkar untuk memenuhi keadilan bagi korban dan keluarga korban. Dan tentunya kondisi ini meninggalkan luka traumatis yang mendalam pada diri korban dan semakin mempertebal rasa ketidak percayaan korban terhadap Pemerintah.

Perlu di ingat, pada 26 Juni 2016 lalu, Komnas HAM telah selesai melakukan penyelidikan projustisia dan nyatakan adanya dugaan pelanggaran HAM berat. Namun sayangnya, Kejaksaan Agung sampai detik ini belum membentuk tim penyelidikan guna menindak lanjuti laporan Komnas HAM, guna penuntasan kasus pelanggaran HAM berat sesuai dengan UU.No.26 Tahun 2000 tentang Pengadilan Hak Asasi Manusia.

Masih segar dalam ingatan saya, pada masa kampanye Pilpres tahun 2014, Jokowi berkomitmen menyelesaikan kasus-kasus pelanggaran berat HAM masa lalu dan menghapus impunitas. Komitmen tersebut juga tercantum dalam visi,misi dan program aksi yang dikenal dengan sebutan Nawa Cita. Salah satu poin penting dalam prioritas Nawa Cita, Joko Widodo berjanji akan menyelesaikan secara berkeadilan terhadap kasus-kasus pelanggaran HAM masa lalu. Saya selaku korban sekaligus Koordinator FK3T-SP.KKA menilai, arah penyelesaian pelanggaran HAM masa lalu di tangan rezim Presiden Jokowi sama sekali tidak jelas dan cenderung gelap.

Padahal, Presiden Joko Widodo telah menjabat sebagai kepala negara dua periode bahkan masa jabatan sebagai kepala negara hampir berakhir, namun tidak ada satu kasus pun yang terealisasi, ujar Murtala.

Sementara itu, Direktur Lembaga ElMansur Peduli, Elmansur menambahkan, Tragedi Simpang KKA ini merupakan sejarah yang tidak bisa untuk di lupakan, saya selaku ketua Umum Lembaga ElMansur ikut berduka atas kejadian tersebut, semoga para syuhada di tragedi ini mendapat rahmat dari Allah SWT, kami juga menyampaikan dan berharap agar kejadian ini mendapat perhatian khusus dari Pemerintah Kabupaten, Provinsi dan Pemerintah Pusat, sehingga korban dan keluarga korban tidak merasa di tinggalkan terutama terkait dengan Kesehatan, Pendidikan anak-anak mereka dan juga pemberdayaan ekonomi mereka, sehingga korban dan keluarga korban merasa di perhatikan.

Sementara itu Ketua

Persatuan Pemuda Simpang KKA, Saiful Ramadhan mengimbuh, sebagai generasi muda yang haus akan sejarah kami sangat mendukung acara ini, dan saling membantu bahu membahu guna menyukseskan serangkian acara peringatan Tragedi Simpang KKA yang saban tahun di kenang. Kami para pemuda dan masyarakat di dusun Simpang KKA dalam acara Mengenang 23 Tahun Tragedi Sp.KKA juga telah mempersiapkan tempat untuk do’a bersama yang akan dilaksanakan setelah shalat ‘Insya malam ini.

Lebih jauh Koordinator FK3T-SP.KKA menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung acara ini, sehingga peringatan ke-23 Tahun Tragedi Simpang KKA berjalan sebagaimana yang kita harapkan bersama, terkhusus buat rekan-rekan Insan Pers ( Journalis ) yang pada hari ini sedang berulang tahun kami Ucapakan Selamat Milad, semoga selalu menjadi yang terdepan yang memberitakan kebenaran.

TAGS Aceh

BERITA TERBARU

TERPOPULER

Send this to a friend