Ini Pesan Pj Walikota Langsa Dihari Pancasila

Oleh

Oleh

Langsa | Mataaceh.com – Pj walikota Langsa Ir Said Madum Majid memimpin upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila yang digelar di Halam pendopo Sabtu (01/10/2022).

Upacara berlangsung diawali dengan laporan Komandan Upacara kepada Inspektur Upacara  Selanjutnya, Inspektur Upacara memimpin peserta mengheningkan cipta untuk mengenang jasa para pahlawan dan pejuang-pejuang bangsa yang telah gugur.

Perludiketahui hari Kesaktian Pancasila adalah hari yang diperingati untuk mengenang jasa para pahlawan sekaligus mengingat kembali sebuah peristiwa Pemberontakan G30 S PKI pada tanggal 30 September 1965 dan diperingati setiap tanggal 01 Oktober.

Hari Kesaktian Pancasila adalah perjalanan sejarah Bangsa Indonesia yang berhasil mempertahankan negara dan  Ideologinya.

“Ini harus tetap diingat sekaligus menjadi cerminan bagi kita semua, terutama generasi muda dalam menapaki dan mencermati kehidupan berbangsa dan bernegara, “ ujar Ir Said Mahdum Majid

Menurutnya, peran generasi muda sangat penting dalam melanjutkan estafet kepemimpinan bangsa. Maka generasi muda harus memahami sejarah bangsa, dan nilai-nilai luhur yang terkandung dalam Pancasila.

“Untuk itu wawasan kebangsaan harus diperkuat, diantaranya pemahaman Empat Pilar Kebangsaan yang meliputi Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika dan NKRI,” imbuhnya Said.

Disamping itu, Danadim Atim  Letkol Inf Agus Al Fauzi, S.I.P., M.I. pun menegaskan, bahwa Pancasila sudah final, tidak boleh ada yang mencoba mengutak-atik, apalagi mengganti dengan ideologi yang bertentangan.

“Pancasila itu pemersatu bangsa. Jika ada upaya untuk menggantinya maka akan berhadapan dengan TNI, Polri dan seluruh rakyat Indonesia, “tegasnya.

(Hendra/ed)

hari upacaraKota LangsaNasional

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI

ARTIKEL TERPOPULER
1
2
3
4
5
Opini Text