Rabu, 7 Desember 2022

IKATIF Gelar Seminar Nasional Transformasi Digital

Oleh redaksi

Lhokseumawe – Ikatan Alumni Teknik Informatika (IKATIF) Universitas Malikussaleh (Unimal) sukses menggelar seminar nasional yang bertema Transformasi Digital; Peluang dan Tantangan Pembangunan Ekonomi Aceh. Dilaksanakan di GOR ACC Unimal, Senin (21/11/2022).
 
Acara Seminar Nasional dilaksanakan oleh IKATIF bekerjasama dengan Bank Syariah Indonesia (BSI) Pusat dan Anggota DPR RI Komisi VI Fraksi Partai Demokrat Bapak Muslim S.Hi., MM. Kegiatan ini bertujuan untuk membantu para pelaku usaha UMKM dan mahasiswa agar lebih peka dalam memanfaatkan peluang dan perkembangan teknologi di Era Digital.
 
Ketua Ikatif Unimal Firdaus Noezula dalam sambutannya menyampaikan, kegiatan nasional ini dilaksanakan karena wujud pengabdian alumni terhadap kampus Universitas Malikussaleh.
 
“Kami sebagai alumni Jurusan Teknik Informatika Universitas Malikussaleh memiliki tanggungjawab untuk melakukan pengabdian dalam hal apapun, hari ini kami mencoba melaksanakan sebuah kegiatan nasional agar membuka peluang bagi generasi malikussaleh muda untuk mampu melihat peluang dan tantangan dalam membangun ekonomi Aceh,” Ujar Firdaus.
 
Seminar Nasional yang dilaksanakan di Universitas Malikussaleh diikuti oleh 500 peserta terdiri dari Pelaku Usaha, Dosen dan Mahasiswa Universitas Malikussaleh. Kegiatan seminar dilaksanakan selama satu hari penuh dan dimeriahkan oleh Artis Aceh Amelia Bahar.
 
Muslim, S.HI., M.M selaku Anggota DPR RI Komisi VI menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan yang harus rutin dilaksanakan oleh Perguruan Tinggi agar memberi inspirasi bagi kaum muda untuk terus berkiprah ditingkat Nasional bahkan mampu bersaing di Internasional.
 
Lebih lanjut beliau juga mendorong agar mahasiswa Unimal bisa magang dan berkesempatan kerja di BUMN besar Indonesia misalnya Bank Syariah Indonesia.
 
“Saya berkomitmen mendorong agar BUMN memberi peluang sebesar-besarnya bagi anak Aceh, khususnya Mahasiswa UNIMAL agar mendapatkan kesempatan magang di perusahaan BUMN, sehingga transfer knowledge bisa terwujud,” Ujar Bang Muslim selaku Komisi VI DPR RI.
 
Rektor Universitas Malikussaleh Prof Herman Fithra dalam sambutannya juga memberi arahan kepada para peserta untuk terus berkompetisi dalam dunia kerja.
 
“Saya berharap kegiatan ini akan memberi peluang bagi mahasiswa untuk bisa magang dan berkompetisi di Bank Syariah Indonesia. Karena BSI merupakan sebuah perbankan yang saat ini sedang berkembang, maka kesempatan kerja harus diberikan juga kepada alumni Unimal,” Tegas Prof Herman.
Prof Herman juga berharap agar stakeholder Bang Muslim dan Bank Syariah Indonesia memberikan perhatian penuh kepada Lembaga Universitas Malikussaleh. Unimal saat ini sangat membutuhkan sebuah armada ambulance untuk terus bisa membantu eksis membantu saat ada bencana alam dan lain sebagainya.
 
Seminar Nasional dipimpin oleh Moderator yang berpengalaman Zulfikar Syarif, dalam kesempatan itu juga menghadirkan tiga orang pemateri yaitu, Wakil Direktur Utama Bank Syariah Indonesia Drs. Bob Tyasika Ananta, Ak., MBA, Anggota Komisi VI DPR RI Muslim S.HI., MM dan Praktisi Manajemen Rian Firmansyah, BBA., M.Com.
 
Dalam penyampaian materi, Wakil Direktur Utama Bank Syariah Indonesia Drs. Bob Tyasika Ananta, Ak., MBA mengajak segenap pihak untuk terus mendukung proses perkembangan yang terjadi dalam tubuh Bank BSI. Beliau juga berharap BSI tidak hanya menjadi perbankan Syariah untuk kebutuhan dunia saja, tapi juga bisa membantu bagi kemudahan beramal untuk akhirat.
 
“Hasil dari seminar ini berharap bisa melahirkan generasi unggulan yang mampu melihat peluang dan tantangan dalam pembangunan ekonomi bagi mahasiswa pasca kuliah dan khususnya bagi masyarakat Aceh,” Ujar Bob Tyasika Ananta.
 
Praktisi Manajemen Rian Firmansyah juga ikut memberikan motivasi kepada para peserta seminar, Rian juga menceritakan pengalaman bekerja di perusahan luar negeri dan memberikan nilai-nilai dasar yang harus dimiliki untuk mencapai kesuksesan.

Leave a Comment