Kelompok KKN Unimal Menggelar Pelatihan Pengolahan Sebuah Produk Untuk Meningkatkan UMKM Masyarakat Desa Paloh Gadeng

Oleh

Oleh

Mataaceh.com – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata KKN Tematik di Universitas Malikussaleh Unimal kelompok 14 mengadakan sosialisasi pelatihan pengolahan bayam untuk menjadi sebuah produk bernama Bayam Kriuk yang memiliki rasa bervariasi, ada rasa original dan balado.

Dalam pelatihan tersebut mahasiswa/i KKN Tematik kelompok 14 Unimal bertujuan untuk meningkatkan UMKM masyarakat khususnya untuk para ibu-ibu dalam meningkatkan ekonomi masyarakat di Desa Paloh Gadeng.

Program ini merupakan program lanjutan dari Mahasiswa KKN Tematik Kelompok 14 Universitas Malikussaleh yang berdampak untuk meningkatkan Perekonomian Masyarakat dengan mengandalkan Produk tanaman kebun yang mudah, praktis dan ekonomis tetapi memiliki daya saing yang tinggi.

“Masyarakat Desa Paloh Gadeng sangat bersyukur dan bangga kepada mahasiswa akan adanya program dari para mahasiswa ini, karena sebelumnya tidak ada sosialisasi ataupun pelatihan seperti ini yang dilakukan mahasiswa untuk masyarakat di desa Paloh Gadeng ini. oleh karena itu besar harapan saya untuk mahasiswa dapat melatih dan mensosialisasikan Produk ini kepada masyarakat desa Paloh Gadeng agar masyarakat dapat berperan aktif meningkatkan prekonomian dalam menjadi pelaku UMKM” ucap Geuchik Desa Paloh Gadeng yang diwakilkan oleh Johny A.R. Selalu Tuhapeut desa Paloh Gadeng.

Dengan adanya Program ini masyarakat diharapkan lebih memiliki minat untuk menjadi pelaku UMKM agar bisa menghadapi Krisis resesi yang digadang – gadang akan terjadi di tahun depan, oleh karena permasalahan itu para Mahasiswa KKN Tematik Unimal Kelompok 14 berupaya membimbing para masyarakat Desa Paloh Gadeng Terkhususnya para ibu rumah tangga yang tidak memiliki pekerjaaan agar bisa melakukan usaha ini yang sangat minim modal, mudah dan praktis.

Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Kelompok 14 Universitas Malikussaleh Prof. Dr. Dahlan Abdullah S.T M.Kom.,IPU. ASEAN Eng mengatakan bahwa ia senang para mahasiswa memberikan dampak positif yang sangat berpengaruh kepada masyarakat dengan memberikan pelatihan seperti ini mulai dari konsep masakan dan konsep pemasaran yang berbeda dari yang biasa sehingga dapat menarik perhatian masyarakat desa Paloh Gadeng menjadi pelaku usaha UMKM dan dapat meningkatkan prekonomian rumah tangga.

Sedangkan Ketua KKN Tematik Kelompok 14 Unimal, Muhammad Reza menyampaikan “bahwasanya setelah dilakukannya sosialisasi dan Pelatihan ini kami akan lebih giat lagi memantau para masyarakat yang telah bergerak dalam usaha ini untuk terus memberikan support dan mengedukasi para masyarakat sehingga masyarakat khususnya para ibu rumah tangga dapat meningkatkan taraf hidupnya masing-masing”.

KKN unimalumkm

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI

ARTIKEL TERPOPULER
1
2
3
4
5
Opini Text