Tegas! Letkol Kav Mahkyar Ingatkan Prajurit Jangan Ada Bermain di Pesta Demokrasi

Oleh

Oleh

Aceh Utara, Mataaceh.com | Guna mencegah terjadinya pelanggaran dan menjamin netralitas anggota TNI, Kodim 0103/Aceh Utara serta Koramil jajaran, membuka posko pengaduan untuk masyarakat, Kamis (30/11/2023).

Dandim 0103/Aceh Utara, Letkol Kav Mahkyar, menyampaikan, berkaitan dengan posko pengaduan netralitas TNI, yang merupakan perintah langsung dari Panglima TNI, pihaknya membuka posko pengaduan.

“Jadi apabila masyarakat wilayah Aceh Utara dan kota Lhokseumawe melihat atau mendengar ada anggota Kodim 0103/Aceh Utara tidak netral, segera adukan ke posko Makodim,” pintanya Dandim.

Dandim menambahkan, netralitas TNI dalam pesta demokrasi, menjadi perhatian khusus di Institusi TNI mulai dari bawah hingga ke tingkat yang lebih tinggi. “kepada seluruh personel kodim 0103/Aceh Utara untuk mengimplementasikan netralitas TNI dalam berdinas dan bertugas,” Tambah Dandim.

Menurut Dandim, netralitas TNI sendiri, diwujudkan dalam bentuk tidak memihak dan mendukung salah satu kontestan ataupun peserta Pemilu dan Pilpres, tidak memihak dan memberikan tanggapan, komentar dan penilaian kepada peserta Pemilu dan Pilpres, tidak memberikan fasilitas dinas, menyimpan atau menempel dokumen/atribut peserta Pemilu dan Pilpres, tidak memobilisasi organisasi sosial/agama untuk kepentingan Parpol atau salah satu peserta Pemilu dan Pilpres.

“Ketentuan itu semua terdapat dalam Buku Netralitas TNI yang sudah di bagikan dan dimiliki oleh seluruh prajurit TNI termasuk Kodim 0103/Aceh Utara,” ujarnya.

Dandim juga berpesan, apabila ada aduan tentang anggota atau prajurit yang tidak netral dalam Pemilu, Pilpres dan Pilkada, maka oknum tersebut akan langsung dilakukan pengecekan dan diproses secara hukum yang berlaku di lingkungan militer, dan bahkan bisa di pidana jika benar benar terbukti bersalah.

Dandim 0103/Aceh UtaraDandim 0103/AutLetkol Kav MahkyarTNI Bersama Masyarakat Dandim 0103/ AU

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI

ARTIKEL TERPOPULER
1
2
3
4
5
Opini Text