Mataaaceh.com > Aceh > Sawah Kering, Petani Gampong Seneubok Saboh Buat Sumur Bor Dengan Dana Pribadi
Aceh

Sawah Kering, Petani Gampong Seneubok Saboh Buat Sumur Bor Dengan Dana Pribadi

Aceh Tiimur | Para petani Gampong Seuneubok Saboh Kecamatan Pante Bidari Kabupaten aceh timur terpaksa harus membuat sumur bor dengan dana pribadi
untuk lahan persawahan mereka. Sebab, sumber air di Gampong Seunebok Saboh sudah tidak ada lagi karna sudah masuk musim kemarau, padaha masyarakat sanga membutuhkan air untuk sistem produksi padi sawah yang mengkonsumsi air lebih banyak.

Salah satu warga Ridwan (30) petani di Gampong Seneubok Saboh mengaku terpaksa mengeluarkan modal tambahan untuk membuat sumur bor disawahnya karna menunggu irigasi pun sampai saat ini belum kunjung selesai dibangun, “Ya, modal nekat aja,bang . Terpaksa keluar modal tambahan buat sumur bor. Mau gimana lagi. Sedangkan, lahan sawah sudah kering,” katanya kepada awak media ini kamis 26 juni2021.

Ia mengaku bahwa terpaksa mengeluarkan biaya Rp 4 juta lebih karna lahan sawahnya sudah kering, walaupun ada bendungan air dan sumur bor di desa, tetapi tidak bisa di mafaatkan oleh petani, karna semuanya kering akibat musim kemarau.

Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) melalui Mentri Pertanian kecamatan Pante Bidari, Zukifli saat dikonfirmasi mengatakan, “Akan kita pikir sama-sama bagaimana solusinya, kita akan buat surat permohonan kepada dinas,”ucapnya singkat.

TAGS Aceh

BERITA TERBARU

TERPOPULER

Send this to a friend