Mataaaceh.com > Aceh > Mahasiswa Ikut Andil Dalam Kegiatan Vaksinasi Ke Masyarakat
Aceh

Mahasiswa Ikut Andil Dalam Kegiatan Vaksinasi Ke Masyarakat

Lhokseumawe |Mahasiswa KKN-MK Universitas Malikussaleh K04 membantu pelaksanaan kegiatan vaksinasi di Posko PPKM Mikro yang berada di Kampung Banda Masen, Kecamatan Banda Sakti, Kota Lhokseumawe pada hari Kamis (01/07/2021). Mahasiswa KKN K04 dibimbing langsung oleh Bapak Asrul Fahmi M.A.P yang merupakan dosen dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari, dimulai dari Pukul 08.00 – 12.00 WIB.

Pemberian vaksinasi ini dipimpin langsung oleh Bapak Syahbuddin selaku Keuchik dan melibatkan Tim Medis diantaranya Dokter, Bidan Desa dan SATGAS Covid-19. Kegiatan ini dilakukan sebagai bentuk upaya pencegahan primer dari pemerintah untuk menekan angka penyebaran Covid-19.

Prosedur pelaksanaan vaksinasi diawali dengan pendaftaran, calon penerima vaksin dilakukan di meja pendaftaran. Setelah itu  dilanjutkan dengan proses screening kesehatan. Dokter  maupun tenaga kesehatan akan melakukan pengecekan suhu tubuh, tekanan darah dan diberikan pertanyaan seputar riwayat penyakit yang diderita misalnya seperti pertanyaan seputar penyakit diabetes, paru-paru, ginjal, maupun penyakit dalam lainnya dan kondisi kesehatan selama seminggu terakhir, apabila calon penerima vaksin tidak memenuhi syarat yang ditentukan, maka tidak bisa dilanjutkan vaksinasi pada hari tersebut.

Setelah lolos dari proses screening kesehatan calon penerima vaksin akan dipandu kedalam tempat vaksinasi. Petugas vaksinator akan menyiapkan dosis vaksin yang terdiri dari alat suntik baru, dan vaksin dalam botol kecil lalu vaksin disuntikkan di lengan sebelah kiri dengan proses penyuntikan memakan waktu beberapa saat. Setelah vaksin disuntikkan akan dilakukan observasi berupa pemantauan terhadap penerima vaksin untuk menunggu reaksi yang dilaksanakan setelah vaksin. Lalu petugas memberikan cap tanda telah  divaksin dikartu vaksin penerima dan himbauan untuk melakukan vaksin kedua. Sertifikat vaksinasi diberikan sebagi bukti telah mengikuti vaksinasi.

Kegiatan vaksinasi ini berlangsung dengan lancar dan juga kondusif, dan tidak lupa diterapkannya protokol kesehatan 5M, agar tetap mematuhi protokol kesehatan serta  melindungi masyarakat dari penyebaran Covid-19. Masyarakat terlihat begitu antusias mengikuti kegiatan ini. “ dengan adanya kegiatan vaksinasi yang diberikan kepada masyarakat Gampong Banda Masen, saya selaku ketua dari KKN K04, berharap agar masyarakat di Gampong Banda Masen tersebut termotivasi dan antusias dalam mengikuti kegiatan-kegiatan yang dimana bertujuan untuk membangun Gampong Banda Masen ini, terutama kegiatan yang berkaitan dengan penanganan Covid-19, agar setiap masyarakat tidak lupa bahwa virus Covid-19 ini masih belum berakhir” ujar Nazaruddin.

 

 

TAGS Aceh

BERITA TERBARU

TERPOPULER

Send this to a friend